Pasokan Pangan Dunia Terancam Perubahan Iklim

Selasa, 07 Juni 2016

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Balitbangtan), Muhammad Syakir mengatakan dunia sangat memberi perhatian dalam persoalan pangan.

Terkait itu, Food and Agriculture Organization (FAO) mengadakan Hari Pangan Sedunia (HPS) sebagai bentuk perhatian terhadap kondisi pangan saat ini.

"Ancaman turunnya produksi pangan akibat perubahan iklim banyak disoroti dunia. Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati  (biodeversitas) ke 2 harus berkontribusi dalam isu pangan dunia," kata Syakir dalam konfrensi persnya di Kantor Balitbangtan Pasar Minggu Jakarta, Selasa (7/6/2016).

"Ancaman krisis pangan tidak hanya disebabkan peningkatan jumlah penduduk dan kurangnya lahan pertanian. Tapi juga persoalan iklim dan bencana alam. Perubahan iklim berakibat pada tidak menentunya periode tanam dan panen," tambah Syakir.

Syakir menilai, hal tersebut menjadikan pemerintah perlu mengantisipasi ketersediaan pangan penduduknya.

FAO secara konsisten mengingatkan negara-negara anggotanya untuk memperhatikan pembangunan pangan di negara masing-masing.

"Indonesia menyadari pentingnya swasembada pangan, bahkan daulat pangan," jelas Syakir.

Dengan itu, Kementan melalui Balitbangtan telah menunjuk daerah Boyolali Jawa Tengah sebagai tuan rumah hari pangan sedunia di Indonesia pada 28-30 Oktober 2016.

"Di dalam HPS itu kita akan tonjolkan produk jajar legowo super kita, jagung tongkol 2 dan segala produk inovasi maupun teknologi pangan dari Balitbangtan akan kita tampilkan," kata Syakir.

Selain itu, acara hari pangan sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan dan diharapkan menjadi pendorong dalam memecahkan masalah pangan dunia.

(Sumber : Kompas.com)

Komentar

Berita Terbaru

Penutupan Hari Pangan Sedunia ke-38, Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di  Halaman Kantor Sekretaris…


Presiden Jokowi Bakal Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa untuk Produksi Pangan di HPS 2018

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadiri perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan…


Wujudkan Ketahanan Pangan, HPS Ke 38 Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 18-21 Oktober…