Logo Indonesia World Food Day Diluncurkan

Kamis, 07 Juli 2016

Indonesia meluncurkan Logo Hari Pangan Sedunia untuk Indonesia (Indonesia World Food Day) yang akan diperingati tanggal 28 hingga 30 Oktober 2016 mendatang di Boyolali.

Setiap tahun penyelenggaraan logo acara selalu berganti, untuk itu pada tahun ini Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian selaku Ketua Penyelenggara HPS ke-36, mengajukan ada Logo khusus Hari Pangan Sedunia di Indonesia.

Logo yang diluncurkan adalah karya Dimas Nurcahyo, pemuda asal Sleman, Yogyakarta. Karyanya menyisihkan 1388 disain dari 723 peserta dalam lomba disain logo yang diadakan Balitbangtan pada periode 17 Maret hingga 10 April lalu.

Kepala Balitbangtan Muhammad Syakir menjelaskan, semua anak bangsa diundang untuk mengajukan disain logonya, dengan syarat harus memiliki makna.

Pertama, harus mengandung makna tentang Indonesia. Kedua, pesan substansi pentingnya pangan. Ketiga menjelaskan kepada dunia bahwa Indonesia turut berpartisipasi dan berkontribusi terhadap pangan dunia.

Disain Dimas terlihat sederhana namun memiliki karakter. Huruf ‘d’ yang bertumpuk pada logo tersebut, seperti dijelaskannya, merupakan simbol pangan yang terus terwariskan dari generasi ke generasi. Ilustrasi daun menunjukkan seperti orang yang bersorak ketika mencapai kedaulatan pangan.

Kepala Balitbangtan pun berharap, logo tersebut akan digunakan pada setiap acara Hari Pangan Sedunia yang diperingati di Indonesia.

 

Komentar

Berita Terbaru

Penutupan Hari Pangan Sedunia ke-38, Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di  Halaman Kantor Sekretaris…


Presiden Jokowi Bakal Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa untuk Produksi Pangan di HPS 2018

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadiri perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan…


Wujudkan Ketahanan Pangan, HPS Ke 38 Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 18-21 Oktober…