Jelang HPS 2016 : Kesiapan Tanaman Terus Dimatangkan

Senin, 26 September 2016

BOYOLALI – Kesiapan menjelang peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang dijadwalkan akan dikunjungi langsung oleh Presiden Joko Widodo akhir Oktober nanti, saat ini terus dimatangkan. Kesiapan selain penataan tempat, juga perawatan tanaman yang dilakukan secara optimal.

Dua tempat yang dijadikan lokasi penanaman yakni di areal 100 hektare di Desa Trayu dan Tanjungsari, Kecamatan Banyudono untuk tanaman padi.

Serta, lokasi pertanian kering di kawasan kompleks kantor terpadu Pemkab Boyolali di Mojosongo, terus dipantau dan dirawat dengan baik oleh jajaran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

Untuk tanaman padi, guna mengantisipasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), BPTP terus melakukan penyemprotan pestisida hayati. Penanggung jawab Demplot area padi, Iskak Harjono mengatakan, pemilihan pestisida hayati ini karena cukup efektif.

“Setelah disemprotkan, pestisida ini akan menjadi biang atau bibit serangga pemangsa alami hama OPT. Sehingga pestisida hayati ini sangat aman untuk keseimbangan pertanian berkelanjutan,” jelas dia, Kamis (22/9/2016).

Pihaknya juga menggunakan cara penanaman bunga di sepanjang jalan maupun turus atau pematang di area persawahan. Langkah ini utamanya untuk mendukung perkembangbiakan serangga musuh alami hama OPT.

Di sisi lain, Demplot model pertanian lahan kering dengan irigasi tetes di kawasan kantor terpadu juga mulai menunjukkan bentuknya.

Berbagai jenis tanaman, dari pepaya, cabai, bayam, semangka, melon, maupun berbagai jenis buah dan sayuran, kini sebagian sudah mulai berbunga bahkan mulai berbuah.

Penanggung jawab teknis tanaman holtikultura HPS BPTP Jateng, Bambang Prayudi mengatakan, penanaman dilakukan dengan perencanaan matang. Sehingga, saat panen dan dihadiri presiden nanti, posisi tanaman siap panen secara serentak.

Sementara itu, kesiapan pelaksanaan peringatan HPS juga dicek langsung Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M Said Hidayat. Wabup bahkan blusukan untuk memantau kesiapan lahan pertanian yang ada di kawasan komplek kantor terpadu Pemkab Boyolali.

“Kesiapannya sudah bagus, bahkan sudah beberapa tanaman yang sudah berbuah,” imbuh Wabup.

http://joglosemar.co/2016/09/jelang-peringatan-hari-pangan-boyolali-kesiapan-tanaman-terus-dimatangkan.html

 

Komentar

Berita Terbaru

Penutupan Hari Pangan Sedunia ke-38, Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di  Halaman Kantor Sekretaris…


Presiden Jokowi Bakal Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa untuk Produksi Pangan di HPS 2018

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadiri perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan…


Wujudkan Ketahanan Pangan, HPS Ke 38 Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 18-21 Oktober…