Jelang HPS 2016 : Padi Aman dari Hama

Selasa, 27 September 2016

BOYOLALI – Kementerian Pertanian telah melakukan penanaman beberapa komoditas tanaman pangan untuk gelar teknologi di lokasi Hari Pangan Sedunia (HPS) di Indonesia.

Salah satu komoditas paling luas adalah komoditas padi yaitu 100 ha. Sistem budidaya pendukungnya yaitu tanam jajar legowo 2:1, dosis pupuk sesuai rekomendasi analisa perangkat uji tanah sawah (PUTS).

Pertanaman padi dibagi menjadi tiga blok dengan variasi tiga varietas unggul baru padi yaitu Inpari 30 Ciherang Sub 1, Inpari 32 HDB, dan Inpari 33. Luas pertanaman untuk blok 1 seluas 30 ha, blok 2 seluas 30 ha, dan blok 3 seluas 40 ha.

Setiap blok ditanam tiga varietas tersebut. Namun, tiap blok ditanam varietas dominan, seperti blok 1 dominan varietas Inpari 30 Ciherang Sub 1, blok 2 dominan varietas Inpari 32 HDB, dan blok 3 dominan varietas Inpari 33.

Saat ini kondisi pertanaman berumur 35-40 HST sebelum primordia. Berdasarkan pengamatan, yang dilakukan oleh petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT) Balitbangtan, menunjukkan kondisi hama dan penyakit secara umum aman, populasi hama penyakit relatif rendah di bawah ambang kendali.

Di blok 1, sebagian tanaman mengalami gejala kekuningan akibat over dosis penggunaan bioprotektor. Di blok 2 dan 3 , terdapat tanaman yang mengalami sakit akibat keracunan Fe.

Untuk memonitor perkembangan populai hama dan juga pengendalian hama secara fisik/mekanik telah ditambah dan dipasang 2 light trap.

Dari hasil pengamatan, rekomendasi pengendalian hama dan penyakit maupun penanganan tanaman sakit lainya sudah disampaikan langsung kepada penanggungjawab kegiatan, petugas lapang, dan para kelompok tani.

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Komentar

Berita Terbaru

Penutupan Hari Pangan Sedunia ke-38, Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di  Halaman Kantor Sekretaris…


Presiden Jokowi Bakal Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa untuk Produksi Pangan di HPS 2018

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadiri perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan…


Wujudkan Ketahanan Pangan, HPS Ke 38 Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 18-21 Oktober…