Jarwo Super dan Minapadi ada di HPS Boyolali

Kamis, 27 Oktober 2016

Puncak perhelatan Hari Pangan Sedunia ke-36 di Boyolali sudah dekat. Berbagai persiapan sudah dalam tahap finalisasi. Salah satunya gelar teknologi pertanian lahan sawah dilaksanakan di lahan petani seluas 100 ha di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Di lokasi tersebut akan diperkenalkan teknologi jajar legowo super untuk Varietas Unggul Baru padi Inpari 30, Inpari 32, dan Inpari 33, dengan sistem tanam 2:1. Selain itu di lokasi Jarwo Super diperkenalkan juga teknologi mina padi.

Jajar legowo (jarwo) super merupakan teknologi budidaya padi secara terpadu berbasis cara tanam jajar legowo.

Dalam implementasinya, teknologi ini menggunakan benih bermutu dengan potensi hasil tinggi, biodekomposer pada saat pengolahan tanah, pupuk hayati sebagai seed treatment dan pemupukan berimbang, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) secara terpadu, serta penggunaan alat mesin pertanian terutama untk tanam dan panen. 

Analisis usahatani menunjukan bahwa teknologi Jarwo Super sangat layak dikembangkan pada skala luas.

Teknologi Minapadi, di sisi lain, merupakan salah satu subsistem usahatani padi dan ikan di lahan sawah irigasi, bervariasi dari satu daerah ke daerah lain bergantung pada ketersediaan air, curah hujan, bibit ikan, dan pasar.

Petak kegiatan Minapadi di lokasi Jarwo Super sudah mulai diaplikasi dan diairi. Uji coba akan dilakukan dengan tanam ikan di dua petak. Nila merah di satu petak serta ikan lele di petak lainnya.

Pengembangan dan penerapan sistem usahatani Minapadi bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan efisiensi usahatani pada lahan sawah irigasi, guna meningkatkan pemanfaatan sumberdaya lahan dan air.

Minapadi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha tani dari hasil ikan maupun padi dan peningkatan efisiensi serta keberlanjutan sistem budidaya melalui penggemburan tanah akibat aktifitas ikan. Keberlanjutan sistem produksi padi pun terjaga.

 

Sumber : Badan Litbang Pertanian

Komentar

Berita Terbaru

Penutupan Hari Pangan Sedunia ke-38, Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di  Halaman Kantor Sekretaris…


Presiden Jokowi Bakal Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa untuk Produksi Pangan di HPS 2018

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadiri perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan…


Wujudkan Ketahanan Pangan, HPS Ke 38 Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 18-21 Oktober…