HPS, Momentum Evaluasi Pencapaian Hasil

Jumat, 28 Oktober 2016

BOYOLALI – Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman resmi membuka kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2016).

Mentan mengatakan HPS tahun ini merupakan momentum untuk mengevaluasi hasil-hasil yang telah dicapai pemerintah. Adanya peningkatan dari beberapa sector seperti jagung, padi, cabai, dan bawang.

Ditambahkan Mentan, “Ada potensi benih jagung bertongkol dua yang dapat memproduksi 5 – 10 ton. Ada lagi semen beku, yang biasanya sapi lokal berumur 2 tahun beratnya hanya 250 kilogram sekarang bisa 1 ton.”

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Muhammad Syakir mengatakan adanya penajaman dan perubahan yang pro rakyat. Gelar teknologi misalnya, sebagai partisipasi dari masyarakat lokal khususnya untuk memamerkan teknologi pertanian sederhana dengan banyak manfaat dan dapat diaplikasikan untuk petani di seluruh Indonesia.

Acara puncak HPS ke-36 rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan ditandai dengan kunjungan serta panen padi di Desa Trayu Banyudono Boyolali. Areal tanaman padi tersebut menggunakan teknologi Jajar Legowo Super (Jarwo Super) yang diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan nasional.

Lebih lanjut Kepala Balitbangtan mengatakan, peringatan HPS juga momentum untuk gerakan keragaman pangan lokal. Bangga dengan potensi keanekaragaman pangan lokal, kebinekaan sumber karbohidrat yang mewujudkan kedaulatan pangan.

 

Sumber : Badan Litbang Pertanian

Komentar

Berita Terbaru

Penutupan Hari Pangan Sedunia ke-38, Pemerintah Siap Kawal Optimalisasi Lahan Rawa

Banjar Baru - Penutupan acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018, dilaksanakan di  Halaman Kantor Sekretaris…


Presiden Jokowi Bakal Canangkan Optimalisasi Lahan Rawa untuk Produksi Pangan di HPS 2018

Jakarta – Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadiri perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Kalimantan…


Wujudkan Ketahanan Pangan, HPS Ke 38 Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Banjarmasin - Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 18-21 Oktober…